Jumat, 07 Desember 2012

GRC (Glassfibre Reinforced Cement)

GRC  (Glassfibre Reinforced Cement)

adalah material yang terbuat dari campuran semen dan pasir (agregat halus) yang diperkuat dengan glassfibre alkali resistant. 

Secara umum GRC ada 2 macam yaitu GRC panel produksi pabrikan dan GRC cetak. GRC panel produksi pabrikan berupa lembaran dengan ukuran 1.20x2.40 m2. Sedangkan GRC cetak bisa dibentuk sesuai desain yang ada misalnya profilan-profilan, ornamen dekorasi, dll.

Aplikasi Material GRC sangat beraneka ragam dalam dunia arsitektur, antara lain panel dinding, profil cetak dekorasi, cover kolom struktur, plafond, partisi, partisi kubikal toilet.
GRC terutama GRC cetak banyak digunakan untuk cover elemen bangunan seperti dinding dan kolom yang terdapat banyak profilan. Setelah dicetak GRC cetak tinggal dipasang pada rangkanya yang biasa berupa besi siku dengan begitu akan lebih mudah dan cepat dalam pelaksanaan pekerjaannya. 

Papan Semen GRC dan Versaboard 


Papan Semen merk GRCboard dan Versaboard adalah Papan Semen  yang paling banyak di jual di toko toko bahan bangunan. Papan Semen ini sering digunakan untuk Plafon yang biasanya memakai triplek, Ukurannya biasanya 122cmx244cm atau yang disebut ukuran Full, Kalau yang ukurannya 120x240 orang menyebutnya ukuran Banci. Ketebalannya 4mm. 

  • Untuk harga GRCboard berada di kisaran     Rp. 49.000-51.000 dan
  • untuk Harga Versaboard berada di kisaran  Rp. 44.000 - 46.000. 
Harga Papan semen ini saya berikan berdasarkan harga pasaran untuk wilayah Jawa Barat, Jakarta dan
sekitarnya. per Mei 2012.


Karakteristik dan Keunggulan GRC

  • Mudah diaplikasikan serta mampu membentuk detail yang rumit sehingga sangat memudahkan para arsitek dan perancang untuk berkreasi dengan bahan ini.

  • Bentuk tipis serta pemasangan yang mudah sehingga mengurangi biaya pengangkutan dan pemasangan.

  • Bobotnya yang ringan akan mengurangi biaya struktur dan pondasi.

  • Tahan cuaca, tahan api, tahan korosi, tidak berjamur dan anti rayap serta tahan abrasi.

  • Tidak terpengaruh sinar Ultra Violet.

  • Tidak mengandung asbestos.

  • Biaya perawatan yang rendah.

  • Mudah dicat.

    Sistim Pemasangan GRC

    Kemudahan pemasangan adalah hal yang penting dari GRC. Umumnya rangka besi penahan beban dapat dipasang terlebih dahulu, kemudian panel-panel GRC yang telah dilengkapi fitting- fitting dipasangkan pada rangka besi tersebut. Sistem pemasangan lainnya;

    • Menggunakan rangka Stud Frame

    • Langsung dipasang dengan Dynabolt ke beton

    • Bisa dibentuk langsung dilapangan

    Sambungan antar panel menggunakan flexible joint sealant.

    Aplikasi GRC,  Eksterior
    • Dinding gedung berbagai system
    • Renovasi bangunan lama tanpa merubah struktur
    • Sunscreen
    • Dome/kubah
    • Dinding peredam suara
    • Talang dan Lisplank
    • Planterbox, gapura dan patung2

    ORNAMEN PROFILE GRC MOLDING

    Gambar
    ORNAMEN PROFILE DAN COVER KOLOM GRC MOLDING
    Gambar
    GRC COVER KOLOM DAN ORNAMEN KLASIK MODEREN
    GRC FACADE sebagai salah satu solusi untuk merubah tampilan exterior bangunan lama menjadi tampil beda, dengan tidak merubah struktur bangunan lama.
    Dalam arsitektur, fasad bangunan sering kali adalah suatu hal yang paling penting dari sudut pandang desain, karena ia memberikan suasana bagi bagian-bagian bangunan lainnya.
    Tampak Design Fasade.
    GRC FASADE adalah salah satu produk grc molding yang kami produksi sebagai alternantif bahan untuk kebutuhan tampilan bangunan lebih menarik.

     GRC COVER KOLOM DAN ORNAMEN

     GRC ORNAMEN
    Ornamen adalah pola hias yang dibuat dengan digambar, dipahat, dan dicetak, untuk mendukung meningkatnya kualitas dan nilai pada suatu benda atau karya seni. Ornamen juga merupakan perihal yang akan menyertai bidang gambar (lukisan atau jenis karya lainnya) sebagai bagian dari struktur yang ada didalam. Pendapat ini agak luas, ornamen tidak hanya dimanfaatkan untuk menghias suatu benda/produk fungsional tapi juga sebagai elemen penting dalam karya seni (lukisan, patung, grafis), sedangkan teknik visualisasinya tidak hanya digambar seperti yang kita kenal selama ini, tapi juga dipahat, dan dicetak.
    Maka kami mencoba mengaplikasikan seni ornamen ini pada produk grc molding ornamen yang kami buat dimana kebutuhan ornamen bisa lebih disederhanakan dalam proses pembuatan dan produksi untuk kebutuhan dekorasi pada setiap bidang bangunan yang akan memakai oramen seperti produk yang sudah kami buat seperti :
    • GRC Clading Ornamen 
    • Image
    • GRC Lisplang Ornamen
    • Image
    • GRC Cover Kolom OrnamenImage
    • GRC Architrave OrnamenImage
    Dalam perkembangan selanjutnya, penciptaan karya seni ornamen tidak hanya dimaksudkan untuk mendukung keindahan suatu benda, tapi dengan semangat kreativitas seniman mulai membuat karya ornamen sebagai karya seni yang berdiri sendiri, tanpa harus menumpang atau mengabdi pada kepentingan  lain. Karya semacam dikenal dengan seni dekoratif (lukisan atau karya lain yang mengandalkan hiasan sebagai unsur utama).
    Plafon GRC
    Plafon GRC
    penutup dinding
    grc cover wall
    GRC cladding panel
    GRC cladding panel



















    Partisi menggunakan GRC board

    Partisi/pembatas antar ruang
    grcbp
    Sekarang ini material pembatas tidak hanya menggunakan tembok batu bata yang di plester dan di aci, namun ada banyak pilihan, mulai dari yang mudah dipindah,  semi permanen, dan permanen. Namun karena alasan biaya dan kemudahan pembongkaran di masa yang akan datang akhirnya dipilih material partisi semi permanen.
    Material semi permanen ada beberapa macam, bisa menggunakan triplek, papan, GRC board, kalsi board dan Gipsum. sedangkan untuk penopang dan tulangannya, bisa menggunakan besi, atau kayu.
    GRC board, material ini dipilih untuk pembuatan partisi. dipadu dengan dengan Balok Kayu dan Kayu Kaso sebagai penopang/tulangan, dimulailah proses menyiapkan material partisi antar ruang tamu dan ruang keluarga.
    - Kaso 4X6, 6 batang
    - Galar 5X10, 6 batang
    - GRC board, 6 lembar
    - Paku, kompon, amplas, baut+fisher

    13 komentar:

    1. Balasan
      1. KALO MAU CARI PENGRAJIN GRC DI DAERAH SEMARANG ATAU JATENG DIMANA YA?? THANKS..

        Hapus
      2. Yang butuh jasa pemesana GRC hub.0818903368/081282511115

        Hapus
    2. Balasan
      1. Untuk pemesanan GRC cetak hubungi 081282511115/0818903368

        Hapus
    3. Saya membutuhkan profil grc untuk proyek saya di tanjung barat indah jakarya selatan,kemana saya bisa memesan atau menghubungi nya?

      BalasHapus
    4. Salam kenal..sy sedang membangun rumah 2 lantai, bisakah di lantai 2 dinding luar memakai GRC sebagai pengganti bata? Teims

      BalasHapus
    5. kami ada pekerjaan rumah klasik d daerah kebayoran jakarta tiga tingkat luas 1000 m2
      hub whasap 0812-84616812

      BalasHapus
    6. Untuk GRC Board ini apakah benar anti air ? dan anti keropos ?
      Makasih

      BalasHapus

    Geomap

    ShareThis

    Followers